Kamis, 14 April 2011

Pengertian Pendidikan Islam

PENGERTIAN ETIMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
  1. Tarbiyah
Tarbiyah dapat diartikan dengan “proses transformasi ilmu pengetahuan dari pendidik (rabbani) kepada peserta didik, agar ia memiliki sikap dan semangat yang tinggi dalam memahami dan menyadari kehidupanya, sehingga terbentuk ketakwaan, budi pekerti, dan kepribadian yang luhur.
Dalam pengertian tarbiyah ini, terdapat lima kata kunci yang dapat dianalisis:
1.      Menyampaikan (al-tabligh)
2.      Sesuatu (al-syay’)
3.      Sampai pada batas kesempurnaan (ila kamalihi)
4.      Tahap demi tahap (syay’ fa syay’)
5.      Sebatas pada kesanggupanya (bi hasbi isti’dadihi)
Dengan asumsi tersebut, maka tugas pendidik dalam pendidikan Islam adalah transformasi kebudayaan kepada peserta didik, agar ia mampu memahami, menginternalisasikan, dan menyampaikan kepada generasi berikutnya.
Kelemahan pengertian ini adalah bahwa dalam kegiatan pendidikan, pendidik seolah-olah mengabaikan kecenderungan dan potensi peserta didik yang unik. Pendidik sangat dominant dan bersemangat dalam melakukan kegiatan pendidikan, tanpa memedulikan apakah yang dilakukan itu memiliki relevansi terhadap pengembangan potensi peserta didiknya di masa depan.
  1. Ta’lim
Ta’lim diterjemahkan dengan pengajaran . Pendidikan (tarbiyah) tidak saja tertumpu pada domain kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik, sementara pengajaran (ta’lim) lebih mengarah pada aspek kognitif, seperti pengajaran mata pelajaran Matematika.
Muhammad Rasyid Ridha mengartikan ta’lim dengan:”proses tranmisi berbagai ilmu pengetahuan pada jiwa individu tanpa adanya batasan dan ketentuan tertentu.
  1. Ta’dib
Ta’dib lazimnya diterjemahkan dengan pendidikan sopan santun, tata karma, adab, budi pekerti, akhlak, moral, dan etika. Ta’dib yang seakar dengan adab memiliki arti pendidikan peradaban atau kebudayaan. Artinya, orang yang berpendidikan adalah orang yang berperadaban, sebaliknya, peradaban yang berkualitas dapat di raih melalui pendidikan.
Ta’dib sebagai upaya dalam pembentukan adab (tata karma), terbagi atas empat macam  yaitu:
  1. Ta’dib adab al-haqq, pendidikan tata krama spiritual dalam kebenaran
  2. Ta’dib adab al-khidmah, pendidikan tata krama spiritual dalam pengabdian
  3. Ta’dib adab al-syari’ah, pendidikan tata krama spiritual dalam syari’ah
  4. Ta’dib adab al-shuhbah, pendidikan tata karma spiritual dalam persahabatan, berupa saling menghormati dan berperilaku mulia di antara sesama.
  1. Riyadhah
Riyadhah secara bahasa diartikan dengan pengajaran dan pelatihan. Menurut al-Bastani, riyadhah dalam konteks pendidikan  berarti mendidik jiwa anak dengan akhlak yang mulia.
Riyadhah dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:
  1.   Riyadhah al-jisim, pendidikan olahraga yang di lakukan melalui gerakan fisik atau pernafasan yang bertujuan untuk kesehatan jasmani manusia.
  2.  Riyadhah al-nafs, pendidikan olah batin yang dilakukan melalui olah piker dan olah hati yang bertujuan untuk memperoleh kesadaran dan kualitas rohani.
PENGERTIAN TERMINOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Beberapa istilah dalam pendidikan islam, seperti tarbiyah, ta’lim, ta’dib, dan riyadhah, maka pendidikan  Islam dapat dirumuskan sebagai berikut:” Proses transinternalisasi pengetahuan dan nilai Islam kepada peserta didik melalui upaya pengajaran, pembiasaan, bimbingan, pengasuhan, pengawasan, dan pengembangan potensi-nya, guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar